Tips Perawatan Alat Berat Agar Tidak Mudah Rusak

Kebanyakan industri komoditas, misalnya industri pertambangan atau pertanian menggunakan alat berat seperti excavator, wheel loader, tractor, dump truck untuk operasi produksinya (loading, hauling,dan dumping). Alat berat pada industri pertambangan memiliki beban kerja yang besar. Seberat apapun alat berat dalam bekerja, kelayakan mesin tetap menjadi hal yang amat sangat penting. Kami akan berusaha untuk membagikan tips perawatan alat berat yang sederhana.




Secara umum perawatan itu dapat didefinisikan sebagai usaha-usaha/  tindakan-tindakan termasuk pencegahan dan perbaikan yang dilakukan untuk menjaga agar kondisi dan  performance sebuah alat berat selalu seperti kondisi dan  performanceketika masih baru  atau semula, tetapi dengan cara yang benar dan efektif sehingga biaya yang dikeluarkan untuk perawatan dapat se efektif mungkin.

Tips Perawatan Alat Berat


Untuk Anda yang berprofesi sebagai mekanik alat berat, pasti sudah paham betul mengenai perawatan ini, karena ini merupakan tugas dan tanggung jawab mekanik alat berat. Namun, untuk Anda yang masih belum paham bagaimana cara merawat dan memelihara alat berat yang baik dan benar. Untuk Anda yang tidak mengetahuinya, maka di bawah ini akan dipaparkan beberapa cara merawat dan memelihara alat berat yang baik dan benar. Berikut penjelasannya:

Memeriksa Alat Berat Anda Sebelum Dioperasikan


Sebelum Anda mengoperasikan alat berat Anda, sebaiknya Anda harus mencek alat berat Anda terlebih dahulu salah satu contohnya yaitu Anda harus mencek bahan bakar alat berat Anda. Apakah bahan bakar alat berat Anda masih banyak atau sudah habis. Apabila Anda tidak mencek bahan bakar alat berat Anda secara rutin, tidak menutup kemungkinan pada saat Anda benar-benar sangat membutuhkan alat berat, tapi bahan bakarnya habis. Pasti Anda sangat kesal sekali.

Pemeriksaan dan perawatan harian


Pemeriksaan dan Perawatan harian ini dilakukan supaya alat berat Anda selalu dalam keadaan baik dan tidak terjadi kerusakan. Waktu yang tepat untuk memeriksanya yaitu pada pagi hari sebelum anda mengoperasikan alat berat Anda, dan penting juga bagi Anda apabila Anda telah selesai menggunakan alat berat Anda maka harus membersihkannya.

Perawatan Berkala


Selain merawat alat berat Anda secara harian, anda juga bisa merawatnya secara berkala. Perawatan berkala ini didasarkan pada jam kerja mesin (HM), biasanya mengikuti rekomendasi dari pihak pembuat unit. Pelaksanaan bisa dilakukan sendiri atau dengan pihak lain (vendor. Pada saat merawat secara berkala ini maka anda bisa memeriksa kondisi unit, mengganti pelumas, dan mengganti suku cadang alat berat Anda.

Menjadwalkan Overhaul


Hal ini dilakukan untuk merekondisi mesin atau komponen alat berat agar kembali ke kondisi standar sesuai dengan standar pabrik. Dan Anda harus secara rutin menjadwalkan overhaul ini supaya tidak terjadi kerusakan

Condition Base Maintenance


Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi unit seperti semula (standar), hal yang bisa Anda lakukan yaitu pekerjaan service seperti : PPM dan PPU yang hasil pengukurannya disesuaikan dengan standar terbaru (service news dan modification program)

 Tujuan Anda memelihara dan merawat alat berat Anda secara rutin yaitu:
  •    Membantu dalam mengantisipasi kerusakan yang lebih jauh lagi (fatal)
  • Mengurangi down time unit
  • Efektivitas kerja unit dan target kerja
Itulah cara yang bisa Anda lakukan ketika akan merawat dan memelihara alat berat Anda secara baik dan benar.


Apabila anda mengalami masalah pada alat berat, dan sedang berada di wilayah Jogjakarta dan Jawa Tengah, Fakamteknik menyediakan layanan Jasa Service Mekanik Alat Berat. Atau anda bisa langsung menghubungi kami di nomor telephone 081226149287 atau email; fakamteknik@gmail.com.


Popular posts from this blog

Kode Error E02 pada unit komatsu pc 200-8

kode erro e15 unit komatsu pc200-8

Jasa Service Alat Berat Terpercaya Di Jogja dan Jawa Tengah